About Me

Terbaru
recent

Single, Married and in Between



Dulu sempet baca satu novel yang judulnya sama seperti judul tulisan ini. Single, Married, and in Between. Akhirnya, setelah memasuki umur 24 tahun ini, bener-bener ngerasain ada diposisi itu.

Berada ditengah-tengah orang yang sudah berkeluarga membuat aku memiliki persfektif tersendiri tentang pernikahan. Kadang, ada saatnya pengen banget buru-buru punya suami ketika ngeliat temen yang kerja dianter-jemput suami. Pengen banget berkeluarga ngeliat temen yang liburan sama anak-anaknya. Yang spontan ada dipikiran saat itu, ‘kayaknya bahagia banget yaaa...’

Tapi semakin kesini, semakin sangsi sama yang namanya ‘ikatan’ pernikahan. Ngga sedikit zaman sekarang orang yang dengan sengaja melepas ‘ikatan’ itu secara sepihak. Hal sesakral pernikahan dilanggar gitu aja cuma demi hal yang sebenernya duniawi banget. Bahkan, cenderung ngga penting kalo menurutku. Yang paling klasik deh; harta.

Kadang tiap kali melihat kehidupan orang, terutama temen-temenku yang sudah menikah dan berkeluarga, aku sering mikir, ngga semua yang ada didalam pernikahan itu melulu soal kebahagiaan. Ada temen yang ngeluh tentang uang jajannya yang dijatahin suami, ada temen yang ngeluh susah kesana-kesini karna sibuk ngurusin anak, bahkan ada juga yang ngeluh kurang dapat perhatian istri karna istrinya terlalu sibuk ngurusin rumah.

Itu baru kasus kecil. Masih problem pemanasan yang ada dalam rumah tangga yang sering kali aku dengar. Belum lagi masalah serius kayak suami yang tiba-tiba di-PHK, selisih pendapat sama mertua, dan yang lebih parah, adanya orang ketiga.

Kalo udah inget itu, buru-buru deh ngucap, ‘deuuhh nanti dulu deh...’. Dan tiap kali membahas tentang penikahan, seketika otak berubah kayak jalanan dijam pulang kantor pada hari senin, ruwet. Banyak yang harus dipikirkan. Bagaimana jika nanti begini? Harus apa kalau itu terjadi? Apa yang harus aku lakukan? Dan bla bla bla....

Apalagi kalo melihat meme yang dibuat orang untuk membandingkan kehidupan single and after married, itu kayaknya lebih enakan before daripada afternya.


Menurut salah satu sumber, sejak tahun 2009 hingga 2016, kenaikan angka perceraian meningkat 16-20 persen. Pada 2015 lalu, setiap satu jam terjadi 40 sidang perceraian atau ada  sekitar 340.000 lebih gugatan cerai. Dan fakta yang lebih memprihatinkan adalah tingkat perceraian di Indonesia merupakan yang tertinggi di negara-negara Asia Pasifik. Amazing ngga tuh? Mikirinnya aja udah bikin merinding. Kalo udah begitu yang jadi korban siapa? Anak.

Ya memang sih, nikah muda itu katanya lebih dianjur kan terutama dikisaran usia 21-25 tahun. Karna umur segitu biasanya kondisi sistem reproduksi wanita sudah matang dan siap. Nikah muda itu juga lebih bagus ketimbang pacaran mulu bikin dosa sana-sini.

Tapi suka lucu sih kadang sekarang era kids zaman now, anak baru lahir 18 tahun yang lalu udah pada ngomongin soal nikah. Astaga, uang emaknya ngebiayain dia sekolah aja belom keganti itu. Mungkin yang ada dipikirannya kalo udah nikah terus bisa bareng-bareng mulu 24 jam sama suami gitu kali ya. Kepikirannya itu yang indah-indahnya aja. Padahal dia baru lulus SMA dan pacarnya pengangguran. Yailah, mau makan apa?

Yang jelas yang namanya pernikahan itu butuh persiapkan dan pertimbangan matang. Ngga bisa sembarangan Cuma karna faktor usia, atau karna temen udah pada nikah semua.

Think it wisely, Guys.

No comments:

Powered by Blogger.